Baru Pertama Kali Sewa Rumah? Ini Dia Tips-nya Buat Anda

Sumber: https://pixabay.com/photos/house-keys-key-the-door-castle-1407562/

Pasti senang rasanya bila akhirnya Anda mampu menyewa rumah dengan ukuran yang lebih besar dari kamar kost Anda sekarang, atau pertama kalinya bisa hidup terpisah dari rumah rumah mertua.  Apalagi bila sudah lama Anda mengidam-idamkan bisa menyewa rumah dengan desain sesuai selera. Tapi bingung juga ya, sebenarnya faktor apa saja sih yang harus diperhatikan saat kita akan menyewa rumah untuk pertama kalinya? Nah, ini dia tips-nya buat Anda.

  1. Kenali kebutuhan diri

Jika Anda sudah berkeluarga, tentu memiliki kebutuhan tempat tinggal berbeda dengan mereka yang masih single.  Pertama, coba rinci berapa jumlah anggota keluarga yang tinggal bersama di rumah.  Misalkan selain Anda dan pasangan serta dua orang anak, hitung juga bila anda memiliki Asisten Rumah Tangga.

Pertimbangkan kemungkinan ada anggota keluarga yang menginap, misalkan orangtua atau mertua.  Dengan begitu, Anda bisa memperhitungkan berapa kebutuhan kamar tidur yang diperlukan dalam rumah yang Anda sewa.

2. Budget

Nah, faktor anggaran juga tak kalah pentingnya. Saat melihat rumah impian Anda, pastilah timbul godaan untuk segera menandatangani surat kontrak sewa.  Eits, tunggu dulu… jika harganya di luar batas kemampuan Anda, sebaiknya hindari untuk menyewanya.  Apalagi bila sampai harus berhutang. Sayang kan, bila Anda tinggal di rumah impian tapi tak bisa dinikmati betul hanya karena Anda terlilit hutang?

Nah, salah satu cara yang ampuh untuk menghindarinya adalah: selalu alokasikan maksimal 80% dari anggaran sewa rumah yang tersedia. Jangan pernah menyewa rumah terlalu pas dengan budget yang anda miliki, apalagi melebihi kemampuan Anda.  Ingat, selalu persiapkan diri dari hal-hal darurat yang mungkin terjadi. 

3. Lokasi

Selalu sesuaikan lokasi rumah sewaan Anda agar berada dekat atau minimal tak terlalu jauh dari lokasi aktivitas Anda sehari-hari.  Misalkan, Anda yang bekerja di Jakarta Selatan, tentu lebih masuk akal bila mencari lokasi sewa rumah di Jakarta Selatan juga.  Atau bila Anda tak bekerja, tetapi sekolah Anak-anak berada di daerah Depok, maka sebaiknya carilah sewa rumah di Depok juga. Selain memudahkan aktivitas, jarak yang dekat dengan tempat kerja dan sekolah pastinya akan menghemat biaya transportasi, tenaga, juga waktu tempuh.  Hidup pun bisa lebih produktif dan berkualitas.

4. Informasi yang harus diketahui

Saat Anda menemukan rumah yang sekiranya anda sukai, jangan lupa untuk mencari tahu hal-hal berikut:

a. Sistem pembayaran sewa, apakah perbulan atau pertahun.  Juga tanyakan apakah ada tenggang waktu bila terjadi telat pembayaran.

b. Lokasi rumah apakah rawan banjir atau tidak. Anda juga bisa mendapatkan informasi ini dari tetangga sekitar atau internet.

c. Sumber dan kualitas air. Tanyakan apakah sumber air berasal dari sumur atau PDAM.  Cek juga kualitasnya. Terkadang ada daerah di mana kualitas air hanya bisa dipakai untuk mencuci saja, tapi tidak bisa digunakan untuk memasak.

d. Daya listrik.  Kebutuhan listrik setiap keluarga berbeda. Sesuaikan daya listrik yang tersedia dengan kebutuhan listrik keluarga Anda. Jangan sampai nantinya Anda harus menggunakan sistem “matikan perangkat A untuk bisa menyalakan perangkat B”.

e. Fasilitas sekitar rumah, seperti ATM, sekolah, pasar, tempat olahraga, rumah makan, dll.

f. Kemanan di lingkungan sekitar.

5. Rencana ke depan

Selalu diskusikan dengan pasangan tentang rencana tempat tinggal Anda selanjutnya.  Apakah Anda ingin seterusnya menyewa rumah yang sama? Apa yang harus dilakukan bila ada anggota keluarga baru seperti anak yang baru lahir, misalnya? Apakah rumah yang akan Anda sewa ini cukup untuk menampung keluarga Anda yang terus berkembang nantinya? Ini adalah faktor yang sering dilupakan oleh calon penyewa rumah. Rumah sewa yang Anda minati sekarang belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda di masa datang. Jika Anda berniat untuk menyewa rumah dalam waktu yang lama, maka carilah rumah yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam jangka waktu yang panjang.

6. Dimana mencari informasi

Ada banyak situs-situs yang bisa memudahkan Anda mencari informasi tentang sewa rumah.  Dengan begitu, Anda bisa membandingkan setiap rumah sewa incaran tanpa perlu susah-susah keluar rumah.  Biasanya, dalam setiap situs itu dicantumkan nomor telepon pemilik rumah atau agen properti yang bisa Anda hubungi.  Gunakan kesempatan itu untuk menanyakan sejelas-jelasnya tentang apapun yang ingin Anda ketahui.

Bagaimana, cukup membantu kan?  Nah, sekarang Anda tak perlu bingung lagi memilih rumah sewa yang sesuai dengan kebutuhan.  Nikmati prosesnya dan jangan terburu-buru ya.  Rumah ini akan menjadi tempat tinggal Anda selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, pastikan memilih rumah yang nyaman untuk Anda dan keluarga.  Selamat berburu rumah sewa!

Comments