Cara Buka Situs yang Diblokir dengan Mudah

Cara Buka Situs yang Diblokir dengan Mudah

Aktivitas berselancar di internet memang seringkali membuat kita lupa waktu. Baik itu untuk urusan kerja atau sekadar mencari hiburan semata. Tetapi tak jarang kita menemukan situs yang diblokir dan tidak lagi bisa diakses. Padahal, situs tersebut kita butuhkan untuk mencari tahu isinya. Ada beberapa cara buka situs yang diblokir. Asalkan menggunakannya sesuai dengan instruksi, anda bisa mengakses kembali situs tersebut. Sebab, situs yang diblokir biasanya memiliki beberapa alasan.

Situs yang mengandung pornografi, situs yang berbahaya dan dicurigai oleh google, situs yang telah diretas dan lain sebagainya. Dari sekian banyak alasan, tentu yang disayangkan adalah akibat dari diretasnya situs tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut merupakan ulasan yang bisa anda simak.

5 Cara Buka Situs yang Diblokir

1. Menggunakan VPN

Salah satu cara buka situs yang diblokir dengan mudah adalah menggunakan VPN. Nantinya VPN ini bekerja agar menghubungkan jaringan internet kita dengan jaringan lain melalui alamat IP yang beda. Melalui VPN ini, anda bisa berselancar dengan mudah dan bebas di internet. Tak perlu khawatir, karena cara ini juga tetap aman untuk digunakan. Ada aplikasi VPN gratis yang bisa anda gunakan baik itu di smartphone ataupun di PC. Cari tahu aplikasi VPN terbaik yang bisa membantu anda untuk membuka situs yang diblokir.

2. Menggunakan SSH

Cara berikutnya adalah menggunakan SSH. Anda bisa membuka blokir dari situs tersebut menggunakan SSH atau yang disebut Secure Shell. SSH ini berfungsi sebagai jaringan yang bisa melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Dari dua cara ini memang berbeda baik itu SSH ataupun VPN. Perbedaannya terletak di penggunaan pihak ketiga untuk proses SSH Tunneling. Dengan menggunakan SSH ini, anda tidak hanya bisa bebas berinternet tetapi juga tetap terlindungi dari kemungkinan buruk saat browsing.

3. Menggunakan Server DNS

Menggunakan server DNS juga bisa menjadi cara buka situs yang diblokir dengan mudah. DNS sendiri adalah singkatan dari Domain Name System yang mana berfungsi agar bisa mengubah IP address menjadi sebuah domain address. Untuk mengakses situs yang diblokir tersebut, cobalah menggunakan DNS 1.1.1.1. DNS ini dibuat oleh Cloudflare dan juga APNIC yang kabarnya diklaim sebagai DNS dengan koneksi internet tercepat. Mereka memiliki responses time sampai 14,8 ms. Cara ini bisa anda lakukan di banyak perangkat baik itu PC atau smartphone. Ubah DNS server pada PC atau smartphone.

4. Menggunakan Extension VPN Mozilla dan Chrome

Tidak hanya menggunakan VPN yang harus terlebih dahulu diinstall tetapi juga bisa menggunakan VPN yang dipasang ke browser kita di Mozilla atau Chrome. Jika anda menggunakan chrome, anda bisa menyematkan extension VPN browsec dan pasang gratis ke browser anda. Cara buka situs yang diblokir ini bisa dengan langkah klik setting dengan tanda 3 titik yang ada di kanan atas layar, pilih more tools dan klik extension. Klik lagi open chrome web store yang ada di ujung bawah. Nantinya anda akan menemukan kolom pencarian dan tulis browsec. Klik tambahkan ke chrome. Secara otomatis, ekstensi VPN ini akan terpasang di browser kita. Ingat bahwa ekstensi akan terus ada di browser sehingga ketika akan menggunakannya kita hanya perlu menyalakan ekstensinya yang ada di bagian pojok kanan atas dari browser.

Ikuti beberapa cara buka situs yang diblokir dengan mudah ini. Pastikan anda mengikuti instruksinya dengan seksama. Mulai dari menggunakan VPN, SSH, DNS ataupun menggunakan extension VPN mozilla dan juga chrome. Tetapi, hati-hati dalam membuka situs tersebut karena dikhawatirkan berisi muatan yang sensitif.

Comments