Cara Meningkatkan Repeat Order di Marketplace

Cara Meningkatkan Repeat Order di Marketplace

Jika mau sukses menjadi seorang dropshipper di marketplace, memang anda harus selalu melakukan promosi agar semakin banyak orang yang membeli produk yang anda tawarkan. Namun jangan lupakan mereka yang sudah pernah membeli dari anda.

Menurut penelitian, anda akan lebih mudah menjual kepada orang yang sudah pernah membeli dari anda sebelumnya daripada yang belum pernah transaksi dengan anda.

Oleh sebab itu, salah satu kunci sukses cara menjadi dropship di marketplace itu adalah dengan meningkatkan repeat order dari konsumen sebelumnya.

Namun sayangnya, belum banyak yang tau cara meningkatkan repeat order di marketplace, khususnya dropshipper.

Bagi anda yang mau tau bagaimana cara meningkatkan repeat order di marketplace, terutama bagi anda yang menjadi dropshipper, anda bisa pelajari cara selengkapnya di dalam artikel ini.

2 Macam Cara Meningkatkan Repeat Order di Marketplace Bagi Dropshipper

Menjual di marketplace itu memang sangat mudah. Yang sulit adalah untuk bisa membuat konsumen anda membeli lagi dari anda.

Bagi anda yang menjalankan bisnis dropship dan belum tau bagaimana cara meningkatkan repeat order di toko anda, maka anda bisa mencoba menerapkan beberapa cara khusus berikut ini untuk membuat orang yang sudah membeli produk anda kembali membeli produk lain yang anda tawarkan:

  • Berikan kupon hanya bagi mereka yang sudah membeli produk anda

Beberapa marketplace sudah menyediakan fitur kupon yang bisa anda berikan kepada konsumen agar mereka bisa mendapatkan harga lebih murah atau potongan harga.

Sayangnya, banyak orang, terutama dropshipper tidak menggunakan fitur tersebut secara maksimal. Mereka justru kebanyakan memberikan kupon tersebut kepada semua orang.

Karena diberikan kepada semua orang, secara otomatis kupon tersebut menjadi tidak terasa ekslusif lagi dan kurang efektif fungsinya.

Lalu bagaimana caranya memaksimalkan fungsi kupon di marketplace tersebut? Cara untuk memaksimalkan fungsi kupon tersebut adalah dengan memberikannya hanya pada mereka yang sudah pernah membeli dari anda.

Dengan begitu, selain kupon toko online anda di marketplace itu terasa ekslusif, hal tersebut juga sekaligus bisa mendongkrak repeat order dari konsumen lama anda.

  • Membuat komunitas

Selain memberikan kupon khusus pada mereka yang sudah membeli dari anda, cara meningkatkan repeat order lain di marketplace yang cukup efektif untuk seorang dropshipper adalah dengan membuat komunitas.

Hampir semua orang itu suka bergabung dengan komunitas dan bahkan mau membeli berulang kali produk yang berhubungan dengan komunitas yang diikutinya tersebut.

Oleh sebab itu, mulailah bangun komunitas terlebih dahulu di dunia online jika anda mau produk yang anda jual dengan sistem dropship di marketplace itu laris manis karena repeat order dari konsumen lama anda.

Beberapa macam media online yang bisa anda gunakan untuk membangun komunitas adalah seperti Facebook Grup dan juga Whatsapp Grup.

Selain bisa digunakan untuk promosi secara gratis, komunitas tersebut juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen anda.

Jika anda sudah paham mengenai bagaimana cara meningkatkan repeat order bagi seorang dropshipper di marketplace, maka andapun tidak akan kesulitan dalam mengembangkan usaha anda kedepannya.

Pasalnya, anda tidak harus terus menerus mencari pembeli baru. Jika anda menemukan ada produk baru yang bisa memberikan margin profit yang cukup besar, anda bisa langsung tawarkan produk tersebut ke orang-orang yang sudah biasa membeli produk anda bukan?

Dengan begitu, lama kelamaan mungkin anda bisa meningkat dari seorang dropshipper menjadi seorang reseller. Dan mungkin saja anda bisa menjadi produsen sebuah produk bukan?

Comments