Daftar Harga Tiket Kereta Bandara Yogyakarta 2019

Saat ini, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan melalui bandara sudah tidak perlu pusing lagi, karena PT. Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT. KAI telah mulai meluncurkan kereta bandara yang akan lebih mempermudah akses masyarakat dalam bepergian. Kereta bandara itu sendiri telah beroperasi di kota Jakarta sejak tahun lalu dan saat ini sudah dapat digunakan oleh warga Yogyakarta yang ingin menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta.

Mulainya pengoperasian ini pun juga dibarengi dengan penerbangan perdana maskapai Citilink yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) pada 6 Mei 2019 lalu yang berlokasikan di bandara. Nah, seperti yang diketahui bahwa Bandara Internasional Yogyakarta ini akan menggantikan Bandara Adi Sutjipto yang memiliki kapasitas lebih besar, dan diharapkan dengan hadirnya kereta Bandara, moda transportasi menjadi lebih terintegrasi dan masyarakat pun dapat melakukan perjalanan dengan perasaan lebih nyaman dan tepat waktu.

Bagi anda yang sering melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi angkutan udara dari Yogyakarta, ketahui dulu harga tiket kereta bandara Yogya agar anda bisa memperkirakan berapa besarnya ongkos yang perlu anda keluarkan untuk menuju ke bandara, sekaligus melakukan perbandingan mengenai manakah biaya yang lebih murah antara kereta bandara dengan moda transportasi lainnya seperti taksi.

Di minggu pertama pengoperasian, PT. KAI memberikan diskon sebesar Rp. 15.000 untuk para penumpang, yang dimana hanya berlaku mulai dari tanggal 6 – 9 Mei 2019 saja. Setelah itu, harga tiket kereta bandara Yogya tidak akan terlalu berbeda dengan tarif kereta Solo Ekspress, yaitu:

1. Rp. 30.000 untuk 0 – 66 km

2. Rp. 40.000 untuk jarak lebih dari 66 km

Cukup terjangkau bukan? Kondisi jalanan di Indonesia yang masih rawan akan kemacetannya tentu akan membuat biaya taksi akan jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan harga tiket ketera bandara Yogya yang sudah memiliki harga pasti. Selain itu, moda transportasi kereta yang tidak akan terkena macet akan membuat jangka waktu perjalanan jauh lebih singkat dibandingkan menggunakan transportasi mobil ataupun motor.

Selain kereta, masyarakat juga memiliki pilihan lainnya dalam melakukan perjalanan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, yaitu dengan menggunakan Bus Perum Damri. Hingga 12 Mei 2019 lalu, penumpang Bus Perum Damri dapat menggunakan transportasi tanpa dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Namun setelahnya, penumpang akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 untuk sekali jalan.

Satu kereta bandara diperkirakan mampu menampung sekitar 792 penumpang, yang dimana diasumsikan akan melayani perjalanan sebanyak dua kali. Di dalam kereta bandara itupun penumpang juga akan dimanjakan oleh berbagai fasilitas yang nyaman, seperti penyejuk ruangan (AC, televisi, toilet, ruang penyimpanan koper dan berbagai barang lainnya, hinga USB Port yang dapat membantu dalam mengisi daya smartphone.

Demi meningkatkan rasa nyaman bagi para penumpang, PT. KAI pun juga telah memperbaiki ruang tunggu penumpang di keempat stasiun yang dilalui oleh kereta bandara. Fasilitas yang diberikan melainkan seperti kursi tunggu yang nyaman, toilet standar bintang lima, televisi, charging corner, Ac, dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain memiliki jangka waktu yang lebih singkat, menggunakan Kereta Api Bandara juga memberikan dampak positif lainnya, seperti membantu dalam mengurangi kemacetan di perkotaan dan mengurangi polusi yang tidak baik bagi kesehatan. Dengan harga tiket kereta api bandara Yogya yang cenderung terjangkau, diharapkan masyarakat akan mulai beralih menggunakan transportasi publik dibandingkan menggunakan mobil atau motor yang menjadi salah satu penyebab utama adanya kemacetan di perkotaan.

Nah, bagi anda yang ingin sesekali mencoba menggunakan kereta api bandara untuk bepergian, yuk cek dulu jadwal keberangkatannya dan kedatangannya, agar anda pun juga bisa melakukan perkiraan estimasi waktu yang dibutuhkan. Ingin mengetahui jadwal kereta api bandara? Baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/resmi-beroperasi-ini-rute-dan-harga-tiket-kereta-bandara-baru-yogyakarta-yang-perlu-kamu-tahu/

Comments