Daftar Permainan Anak Usia Dini yang Buat Si Kecil Makin Cerdas

permainan anak usia dini

Setiap orangtua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh cerdas. Peran orangtua dalam mengasah kecerdasan anak  butuh usaha yang ekstra, orangtua harus mampu mengarahkan anak pada kegiatan edukatif namun tidak mengurangi waktu anak yang sebagian besar dihabiskan untuk bermain. 

Untuk itu, Anda para orangtua harus pintar memilih permainan yang dapat merangsang kecerdasan anak. Berikut ini kami rangkum ulasan mengenai beberapa permainan anak yang menyenangkan dan dapat melatih kecerdasan anak:

Permainan bongkar pasang (puzzle)

Permainan anak usia dini ini berupa maze, dimana mereka harus menyusun potongan-potongan gambar menjadi bentuk utuh dengan tingkat kesulitan yang beragam. Anda dapat memberikan permainan ini untuk si kecil secara bertahap dimulai dengan tingkat kesulitan yang rendah dan sederhana, jika si kecil sudah mampu menyelesaikannya lanjutkan pada puzzle dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Puzzle ini sangat bagus untuk melatih dan mengembangkan kemampuan motorik serta sensorik si kecil. 

Menggambar dan Mewarnai

Melalui kegiatan menggambar dan mewarnai dapat membantu anak untuk berekspresi, mengenal perbedaan warna, melatih kemampuan koordinasi, meningkatkan konsentrasi, dan masih banyak lagi. Permainan anak usia dini yang banyak manfaat ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Lego

Dengan permainan ini Anda dapat mengajari si kecil untuk mengenal berbagai macam bentuk melalui balok-balok lego seperti segitiga, kotak, persegi panjang dan lain-lain. Si kecil dapat dengan bebas menyusun apapun sesuai dengan keinginan mereka, dan ini sangat bagus untuk merangsang kemampuan imajinasi anak. Tidak hanya anak-anak, permainan lego ini pun masih diminati orang dewasa karena menyenangkan.

Bermain Peran (Role Play)

Permainan anak usia dini lain yang dapat melatih kecerdasan anak adalah bermain peran atau role play. Ketika anak bermain peran, ia akan belajar untuk menjalankan suatu peran seperti dokter, arsitek, guru, dan lain-lain. Si kecil akan berpura-pura menjadi orang lain dan terdorong untuk menghadapi konflik dan bagaimana cara menyelesaikannya dalam tingkat yang sederhana. Permainan yang menyenangkan ini dapat dilakukan bersama-sama, baik oleh Anda dan si kecil atau pun si kecil bersama teman-temannya.

Permainan Warna

Permainan warna dapat dilakukan untuk melatih dan mengenalkan perbedaan warna pada si kecil. Jika si kecil belum mengenal warna sama sekali, Anda bisa mencoba metode satu hari satu warna. Permainan ini dilakukan dengan alat bantu berupa benda-benda yang ada dirumah. 

Jika si kecil sudah dapat menebak dengan benar, ulangi metode tersebut dengan warna berbeda. Jika ingin mencoba sesuatu yang lebih seru, Anda dapat menggunakan media cat warna dimana si kecil dapat mengenali warna-warna dan mencoba mencampurkan dua warna yang akan menghasilkan warna baru. Permainan anak usia dini ini sangat menyenangkan dan dapat menstimulasi otak anak untuk mengingat.

Permainan Kata

Permainan ini sederhana dan sangat cocok bagi si kecil yang sedang belajar untuk memperkaya kosa kata. Cara bermain permainan ini dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan si kecil, misalnya jika si kecil masih baru belajar untuk mengenali kata permainan dapat dilakukan dengan satu kata terlebih dahulu. 

Petak Umpet

Permainan anak usia dini yang tradisional ini dapat menjadi pilihan permainan yang seru dan mendidik. Petak umpet ini dapat dilakukan si kecil bersama Anda atau pun teman-temannya. Orang yang bertugas berjaga akan menghitung sesuai waktu yang disepakati dan yang lain akan mencari tempat persembunyian. Jika hitungan sudah selesai si penjaga akan mencari temapt persembunyian yang lain. Permaianan menyenangkan ini dapat melatih daya pikir anak untuk mengatur strategi persembunyian, serta mealtih motorik anak untuk bergerak aktif.

Itulah beberapa permainan anak usia dini yang menyenangkan dan membuat si Kecil makin cerdas. Selamat bermain!

Comments