Desain Interior, Pengertian & Fungsinya Untuk Kenyaman Beraktifitas

Saat akan membangun rumah, penempatan desain interior yang tepat untuk setiap ruang di dalam rumah merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Elemen interior erat kaitannya dengan aktifitas yang nantinya akan dilakukan oleh seseorang di ruangan tersebut. Fisolofi ruangan, penggunaan jenis perabot, serta peletakan dan penataannya merupakan hal paling mendasar yang akan mendukung kenyamanan dalam beraktifitas di dalam ruangan tersebut.

Karena itulah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian desain interior serta fungsinya dalam menunjang kenyamanan beraktifitas di dalam ruangan di sebuah rumah. Untuk lebih jelasnya, simak kelanjutannya di bawah ini.

Pengertian Desain Interior yang Perlu Anda Ketahui

Lebih lanjut tentang desain interior, perlu diketahui bahwa yang dimaksudkan dengan desain interior adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan rancangan dan tata kelola bagian dalam ruangan pada sebuah rumah.

Wikipedia sendiri menyimpulkan desain interior sebagai sebuah kreatifis yang menghadirkan solusi-solusi teknis untuk diterapkan ke dalam struktur yang dibangun, untuk mencapai lingkungan interiornya.

Secara terpisah, kata “desain” diserap dari bahasa inggris yang berarti rancangan atau tata kelola. Di kalangan desainer rumah, desain lebih diistilahkan dengan rancang bangun. Dalam dunia seni rupa dan lainnya, desain lebih diistilahkan untuk rancangan. Adapun kata  “interior” diartikan sebagai suatu area atau tempat dalam sebuah ruangan untuk kegiatan tertentu.

Satu hal penting untuk diketahui bahwa dalam perancangan interior, sang desainer seharusnya mengetahui filosifi desainnya, serta apa dan siapa saja yang nantinya akan menempati ruangan tersebut.

Fungsi & Pengaruh Desain Interior Untuk Kenyamanan Beraktifitas

Sebagai sebuah elemen penting, keberadaan desain interior yang tepat sangat dibutuhkan. Interior rumah yang membutuhkan desain yang tepat mencakup banyak elemen di dalam sebuah ruangan seperti perabotan, tata ruang, pencahayaan, dan tak kalah pentingnya adalah filosifi ruangan di rumah tersebut.

Lantas bagaimankah caranya agar seluruh elemen tadi bisa didesain dengan kombinasi penataan yang tepat? Jawabannya tidak lepas dari fungsi desain interior yang ingin dicapai dalam pembangunan sebuah rumah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1.Menunjang kenyamanan beraktifitas

Salah satu fungsi utama dari desain interior adalah sebagai penunjang kenyamanan beraktifitas dalam sebuah ruangan. Beragam jenis perabot yang ditata dan diletakkan di dalam ruangan tersebut bisa digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Sebagai contoh ruang tamu. Penggunaan dan peletakan sofa, meja tamu, dan beragam elemen lainnya di dalam ruang tamu akan menjadi pusat perhatian tamu Anda. Oleh karena itu, desain interiornya harus dibuat sebaik mungkin karena akan menjadi nilai penting bagi Anda selaku tuan rumah.

Contoh lainnya ruang tidur. Penggunaan warna dinding, kasur, bantal, serta perabot yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi Anda dalam beraktifitas di dalamnya. Penggunaan beberapa elemen penting seperti ranjang, lemari pakaian, dan meja belajar merupakan bagian dari elemen interior yang sangat menunjang aktifitas pribadi Anda di kamar tidur.

2.Menambah estetika rumah

Desain interior yang tepat untuk setiap ruangan di dalam rumah akan menjadikan rumah tersebut terlihat sangat rapi dan indah. Nilai estetika rumah akan terpancar di dalam setiap ruangan di rumah tersebut. Tentu saja Anda akan lebih nyaman dan betah ketika beraktifitas di dalam rumah tersbeut.

3.Berpengaruh terhadap sisi psikologis dan kesehatan

Desain interior yang tepat untuk setiap ruangan di dalam rumah turut memberikan pengaruh dari sisi psikologis dan kesehatan. Jadi jangan asal-asalan dalam membuat desain setiap ruang di rumah Anda. Misalnya ruang keluarga, peletakan ventilasi yang tepat dan memberikan cukup cahaya tentu akan sangat baik bagi kondisi psikologis dan kesehatan setiap anggota keluarga ketika berada di dalamnya. Berbeda halnya ketika peletakan ventilasi kurang tepat sehingga kurang cahaya, tentu akan pengap dan menyebabkan ketidaknyamanan ketika berada di dalam ruang tersebut. Demikianlah informasi seputar pengertian desain interior serta fungsinya dalam menunjang kenyamanan beraktifitas. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya pengerjaan desain interior diserahkan kepada ahlinya. Bagi Anda yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan jasa Puma Interior yang merupakan salah satu kontraktor interior Jakarta yang sudah berpengalaman dalam hal ini.

Comments