Ini Jenis Radang Tenggorokan yang Bisa Rusak Jantung dan Ginjal

Jangan pernah anggap remeh radang tenggorokan. Sebab, radang tenggorokan yang satu ini bisa sebabkan kerusakan pada jantung dan ginjal!

Sebanyak 80 persen kasus radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus. Jenis radang tenggorokan ini tidak berbahaya dan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-10 hari.

Kendati demikian, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, MEpid dari KlikDokter, ada sekitar 10-15 persen radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A. Meski cukup jarang, radang tenggorokan akibat bakteri tersebut dapat membahayakan.

Pada awalnya, gejala yang dirasakan sama seperti radang tenggorokan pada umumnya, yaitu demam dan nyeri menelan. Tapi bahayanya, radang akibat Streptococcus ini bisa menyebabkan komplikasi ke berbagai organ tubuh lain.

Adapun komplikasi yang dapat terjadi akibat bakteri tersebut, antara lain:

  • Glomerulonefritis atau peradangan di daerah ginjal yang ditandai dengan kencing berwarna merah dan penurunan fungsi ginjal yang dapat berujung pada gagal ginjal.
  • Demam rematik jantung, yaitu peradangan di otot jantung dan katup jantung. Gejala dari kondisi ini adalah sesak napas, tungkai bengkak, nyeri sendi, dan kemerahan di kulit.
  • Infeksi telinga tengah atau otitis media akut. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri hebat di telinga bahkan ‘kebocoran’ gendang telinga.
  • Abses tonsil, yakni penumpukan nanah di kelenjar getah bening daerah tenggorokan yang menimbulkan gejala demam, nyeri hebat saat menelan dan saat berbicara.

Komplikasi di atas sebenarnya dapat dicegah jika radang tenggorokan akibat bakteri Streptococcus diobati dengan tepat dan cepat. Tak seperti radang tenggorokan biasa yang tak membutuhkan pengobatan khusus untuk sembuh, radang tenggorokan Streptococcus membutuhkan antibiotik khusus yang dapat membunuh bakteri penyebabnya.

Pengobatan yang tepat dari dokter dapat mempercepat proses penyembuhan, mencegah penularan bakteri Streptococcus kepada orang lain. Selain itu juga mencegah berbagai komplikasi serius, khususnya demam rematik jantung serta peradangan ginjal.

Untuk menurunkan risiko terinfeksi bakteri Streptococcus penyebab radang tenggorokan dan komplikasinya, menjaga kebersihan tangan merupakan hal sederhana yang sangat efektif. Biasakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan sebelum menyentuh daerah wajah. Jika cuci tangan seperti itu tak memungkinkan untuk dilakukan, bersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Comments