Keindahan Destinasi Wisata Curug Awang Sukabumi

Sukabumi adalah salah satu kota yang memilliki destinasi yang beragam, ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi di kota ini. Saya sudah mencoba 15 tempat wisata di Sukabumi yang wajib di kunjungi saat liburan. Salah satu destinasi wisata yang mendunia adalah Geopark Ciletuh. Tempat wisata Geopark Ciletuh menjadi destinasi popular bagi wisatawan local maupun mancanegara.

Di wilayah Ciletuh ini terdapat air terjun unik lain dari yang lain, memiliki formasi bebatuan unik seperti mirip dengan Niagara yang ada di Amerika Serikat. Air terjun ini sangat popular dengan nama curug Awang Sukabumi, memiliki ketinggian mencapai 40 meter dan lebar 60 meter. Memiliki dinding batu geopark yang berwarna coklat kemerahan.

Air Terjun di Curug Awang Sukabumi

Air terjun ini memiliki bentuk melebar dan tidak berunduk. Air yang mengalir berasal dari sungai Ciletuh perbatasan wilayah antara kecamatan Ciemas dan Ciracap.

Keindahan Curug Awang Sukabumi bisa anda lihat di musim penghujan. Saat musim kemarau curug ini memiliki dua air terjun yang berada di sebelah kanan yang memiliki debit air tinggi dan disebelah kiri dengan debit air yang rendah.

Untuk air terjun yang kecil dikenal dengan nama curug Awang dan untuk yang besar dinamakan curug Awang indung. Jika anda datang saat musim hujan maka kedua curug ini akan menyatu. Di bagian bawah curug terdapat batu-batu besar yang sangat cocok dijadikan sebagai background foto instagram.

Jika anda datang ketempat wisata ini, maka anda akan melihat bahwa curug ini memiliki ciri yang berbeda dengan curug sondong di Sukabumi. Batuan yang ada di curug ini terlihat jelas dengan patahan yang lurus, untuk dimensi curug ini lebar dan tinggi sehingga berbeda dengan curug pada umumnya yang ada di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Curug Awang Sukabumi

harga tiket masuk curug Awang Sukabumi diberandol dengan harga Rp 3.000 perorang. Untuk parkir roda 2 Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Sangat disarankan untuk datang dengan membawa makanan, karena di curug sangat jarang terdapat warung. Dari tempat parkir hingga curug anda harus menempuh jarak 200 meter. Anda akan melewati pertanian dan jembatan dengan jalan yang cukup terjal.

Comments