Langkah Menstimulasi Kecerdasan Otak Anak dengan Cara Sederhana

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi dengan pola asuh atau pun perhatian Anda terhadap anak. Dedikasikan waktu terbaik agar bisa memberikan perhatian untuk anak secara utuh. Kecerdasan otak anak tidak hanya mengandalkan peran DHA untuk kecerdasan otak anak. Anda perlu melakukan stimulasi kecerdasan otak anak dengan cara sederhana berikut ini.

  • Interaksi dan Bermain

Anak-anak cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terutama jika sudah berusia 4 tahun. Bicaranya akan semakin lincah jika Anda melakukan stimulasi untuk kecerdasan otak anak dengan maksimal. Salah satu caranya dengan melakukan interaksi dan bermain dengan anak secara rutin setiap harinya.

Ini terdengar hal yang sepele namun memberikan dampak yang sangat kuat sebagai cara stimulasi terbaik. Anak memiliki kedekatan emosi dengan orangtuanya maka akan lebih mudah untuknya untuk berinteraksi karena tidak merasa takut.

  • Mendengarkan Bunyi-Bunyian

Cara menstimulasi berikutnya yang dapat Anda lakukan dengan mendengarkan bunyi-bunyian kepada anak. Bisa dimulai sejak anak masih bayi dengan mendengarkannya musik klasik atau pun bacaan al-quran bagi yang muslim.

Bunyi yang didengar anak ini dapat membuat dirinya merasa lebih nyaman dan membuat otaknya bekerja untuk merespon setiap bunyi yang ada. Anda juga bisa menggunakan mainan yang mengeluarkan bunyi untuk didengar anak.

  • Berwisata

Selain berkat DHA bagi kecerdasan otak,Anda bisa melakukan stimulasi dengan mengajak anak berwisata. Anda bisa mengajaknya pergi ke kebun binatang sebagai pilihan yang sangat baik. Di kebun binatang otak anak akan terstimulasi dengan menanyakan nama binatang yang ada. Ini akan membuat anak melakukan interaksi yang lebih banyak.

Selain kebun binatang, Anda bisa membawanya ke taman bermain atau wahana permainan anak. Di tempat ini anak akan terstimulasi dengan berbagai permainan yang ada. Lebih baik lagi jika Anda pergi bersama teman yang juga memiliki anak agar mereka bisa bermain berdua.

  • Terapkan Learning Buddy

Anda bisa menstimulasi otak anak dengan menerapkan learning buddy yang akan membuat anak belajar dengan lebih menyenangkan. Salah satu caranya dengan menggunakan boneka tangan untuk membuat anak mau belajar. Anda bisa melakukannya dengan memilih boneka yang disukai oleh anak.

Cara menstimulasi ini tidak sulit untuk bisa Anda terapkan. Hanya membutuhkan ketekunan melakukannya secara rutin. Jika si kecil terserang penyakit, pastikan untuk segera menanggulanginya dengan cerdas. Misalnya dengan mengetahui pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare. Penting untuk Anda memiliki pengetahuan dalam memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak. Berbagai informasi kesehatan bisa didapatkan dengan mengunjungi guesehat.com.

Comments