Manajemen Investasi Reksadana: Tugas, Kewajiban, Fee, dan Syaratnya

Manajemen Investasi Reksadana: Tugas, Kewajiban, Fee, dan Syaratnya

Di dalam investasi, terdapat satu orang yang memiliki peran penting yang dikenal dengan Manajer Investasi (MI), yang bertugas untuk menentukan saham yang bagus untuk diinvestasikan. Selain itu, juga berperan penting untuk memberikan kepastian atas legalitas dan keamanan pada sebuah produk reksa dana.

Oeh karena itu, MI sebaiknya mengetahui dan paham terhadap tugas dan kewajibannya sebagai seorang investor. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi di reksa dana, Anda bisa langsung melihat di website https://id.tanamduit.com/reksa-dana.

Tugas Manajer Investasi

Manajer Investasi adalah pihak, baik perusahaan atau perorangan yang diberikan kewenangan untuk mengelola aset investor, salah satunya adalah reksa dana. yang perlu diingat adalah bahwa reksa dana merupakan sebuah kumpulan dana yang berasal dari berbagai investor, dimana dana tersebut dikelola secara bersama dalam sebuah portofolio investasi.

MI kemudian memilih dan memutuskan yang mana saja saham, obligasi, dan deposito ataupun surat berharga lainnya yang nantinya dibeli. Seorang investor reksa dana memberikan kewenangan sepenuhnya kepada MI untuk menjalankan segala hal yang berkaitan dengan semua keputusan investasi.

Kewajiban dan Fee Manajer Investasi

MI memiliki kewajiban untuk menghitung dan melaporkan kepada investor mengenai berapa nilai investasi reksa dana yang ada di bursa setiap harinya. Hal ini dilakukan setiap hari dikarenakan nilai bursa berbeda-beda setiap harinya, sehingga investor perlu mengetahui setiap saat posisi nilai investasi di reksa dana.

MI juga harus menghitung nilai investasi dengan cara yang telah disepakati agar mendapatkan nilai perhitungan yang akurat dan adil. Berdasarkan laporan ini, seorang investor harus melakukan evaluasi terhadap kinerja reksa dana.

Pada dasarnya, semua investor akan membayar jasa MI melalui pemotongan biaya atas kekayaan yang diperoleh oleh reksa dana. Masalah bayaran untuk seorang MI dihitung berdasarkan prosentase sebuah aset yang memang dikelola dan dicantumkan secara terbuka dalam sebuah prospektus reksa dana agar dapat dibeli oleh semua calon investor sebelum pada akhirnya memutuskan untuk membeli reksa dana.

Syarat Manajer Investasi

Manajer investasi tidak dapat menjalankan tugasnya jika belum mendapatkan izin dari pihak otoritas pasar modal, yaitu Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini karena MI akan bertugas untuk mengelola dana dari masyarakat, maka proses untuk mendapatkan izin diatur dengan sangat ketat.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang investor, sebelum memutuskan untuk membeli reksa dana, harus diperhatikan terlebih dahulu bahwa seorang MI tersebut telah mempunyai izin yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan.

Comments