Nutrisi untuk Ibu Hamil

Nutrisi dan vitamin sangat penting bagi ibu hamil, salah satunya berasal dari asam folat. Pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil tak terlepas dari banyak manfaat yang diberikan kandungan sehat ini.

Asam folat dapat dikonsumsi oleh ibu hamil baik sebelum, saat dan sesudah masa kehamian. Hal ini dikarenakan asam folat sama-sama memberi manfaat dalam masa-masa tersebut. Sama halnya dengan kalsium yang merupakan elemen yang wajib dikonsumsi para ibu sebelum, saat atau sesudah hamil.

Asam Folat dan Kalsium bagi Ibu Hamil

Asam folat adalah vitamin B yang dapat membantu tubuh ibu hamil memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru serta mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan tumbuhnya kanker. Asam folat juga dapat dikatakan sebagai bentuk sintesis dari vitamin B9 yang juga disebut folat.

Bahkan saking pentingnya, asam folat bagi ibu hamil menjadi salah satu alasan mengapa semua produk susu hamil menyertakan keunggulan asam folat dalam kandungan susu mereka. Benar-benar fakta yang tidak terbantahkan.

Mengonsumsi asam folat sebaiknya segera dilakukan sebelum Anda berencana untuk hamil, pada saat hamil para calon ibu mengonsumsi asam folat sebanyak 600 mikrogram, dan ketika menyusui sebanyak 500 mikrogram.

Manfaat utama yang diberikan asam folat bagi ibu hamil adalah mampu menstabilkan kondisi psikologis. Kondisi ini berpengaruh pada stabilnya hormon tubuh ibu hamil yang juga memengaruhi proses tumbuh kembang janin, itulah sebabnya para ibu perlu terhindar dari stres dan depresi.

Salah satu manfaat asam folat adalah dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang si buah hati Anda nantinya. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi para ibu hamil terhadap nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi selama kehamilan.

Selain asam folat ibu hamil juga memerlukan kalsium, pentingnya asupan kalsium selama kehamilan tak lepas dari fungsi yang diberikan, yakni menjaga kepadatan tulang ibu hamil dan perkembangan tulang bayi.

Bayi akan menyerap kandungan kalsium yang dimiliki ibu khususny jika usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga. Sementara itu rata-rata kalsium yang dibutuhkan janin di akhir masa kehamilan adalah 30 gr, 50 mg pada usia kehamilan trimester kedua dan meningkat menjadi 250 mg di trimester ketiga.

Comments