Tak Perlu Modal Gede! Ini 4 Peluang Usaha Agrobisnis yang Menjanjikan

Kondisi geografis Indonesia yang termasuk strategis dan kerap dijuluki sebagai negara tropis membuat para pecinta tanaman melihal hal tersebut sebagai peluang bisnis. Apalagi usaha agrobisnis terbilang menjanjikan dan tidak memerlukan modal besar. Bahkan usaha ini bisa kamu buka di rumah bila memiliki halaman belakang yang luas dengan kondisi tanah yang sesuai pula. Selain menghemat budget, kamu tak perlu repot-repot lagi mencari lokasi. Dari sekian banyak jenis usaha di bidang agrobisnis, berikut ini 4 tanaman yang bisa dijadikan peluang usaha mu.

1. Usaha Agrobisnis Cabai

Harga cabai yang tak jarang melambung tinggi tentunya sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha. Rata-rata masyarakat Indonesia sangat gemar makanan pedas. Hal inilah yang membuat para petani Indonesia memutuskan untuk membuka usaha bercocok tanam cabai. Selain tidak harus menggunakan lahan luas, kamu juga bisa menanam dua jenis cabai sekaligus yaitu cabai merah dan rawit. Gunakan pula halaman belakang rumah untuk membuka usaha ini. Kamu bisa menjualnya kembali di pasar saat harga cabai melambung tinggi atau sebagai konsumsi pribadi.

2. Usaha Agrobisnis Jamur Tiram

Salah satu tanaman yang sangat berpotensi mendapatkan keuntungan besar dengan modal kecil selanjutnya adalah budidaya jamur tiram. Apalagi Indonesia termasuk negara tropis yang sangat cocok untuk ditanami jamur tiram. Mahalnya harga jamur tiram di pasaran membuat banyak pebisnis berlomba-lomba memanfaatkan peluang tersebut. Salah satunya Triono Untung, petani asal Cianjur yang sukses besar mengembangkan usaha agrobisnis jamur tiram. Dalam sebulan, ia bisa meraup keuntungan hingga Rp 1 milyar. Kini ia tidak hanya memasarkan jamurnya di daerah Cianjur saja, melainkan telah merambah ke Jakarta, Bogor, Kalimantan, Sulawesi, hingga Sumatera.

3. Usaha Agrobisnis Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang kaya akan manfaat untuk perawatan wajah ataupun penyubur rambut. Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga bisa dikonsumsi menjadi minuman segar maupun agar-agar. Beberapa petani bahkan bisa meraup keuntungan besar dari membudidayakan lidah buaya. Mengenai modal, ternyata budidaya lidah buaya tidak lebih dari Rp 20 juta lho. Hingga saat ini, para petani Indonesia mampu mengekspor pelepah segar dari lidah buaya ke berbagai negara seperti Singapura, Brunei Darussalam, Taiwan dan Jepang.

4. Usaha Agrobisnis Tanaman Obat

Meningkatnya permintaan masyarakat Indonesia akan obat-obatan herbal membuat petani Indonesia meraup keuntungan besar. Jika kamu masih bingung dalam menentukan jenis tanaman yang ingin dibudidayakan, maka tidak ada salahnya untuk budidaya tanaman obat. Modal yang dikeluarkan pun terbilang kecil lho. Kamu juga bisa membuka usaha ini di pekarangan rumah untuk menghemat budget. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi hasil panen dari budidaya yang dilakukan.

Nah itu tadi beberapa ide usaha agrobisnis yang bisa kamu buka dengan modal relatif kecil. Jika masih terhalang akan modal, kamu juga bisa mengajukan pinjaman ke kerabat terdekat maupun pinjaman online yang telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tenang saja! Meminjam dana pada pihak pinjaman online tidak semenakutkan itu bila kamu meminjamnya di CekAja.com.

Karena CekAja.com adalah penyedia pinjaman online yang terpercaya dan telah diawasi dan terdaftar di OJK. Prosedur peminjaman pun terbilang praktis dan pencairan dana cepat. Untuk masalah bunga, jangan khawatir ya. CekAja.com memberikan cicilan bunga yang relatif rendah, sehingga memudahkan kamu dalam membayar pinjaman. Tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman modal usahamu hanya di https://www.cekaja.com/info/usaha-agrobisnis-menguntungkan/.

Comments